Jumat, 13 September 2013
CARA SERVICE MOTOR INDUKSI MV (MEDIUM VOLTAGE) 4400 KW
Service berkala dan ter scedule sangatlah berperan penting dalam menjaga kondisi optimum dan prima pada sebuah motor. Terlebih motor dalam kategori BIG MOTOR yang berkapasitas 4400 Kwatt dengan tegangan kerja 6000 V. Berikut salah satu dari sekian banyak dari bagian service motor MV.
Mohon selalu di perhatikan "SAFETY FIRST"...jadi sebelum memulai service , harus di pastikan terlebih dulu motor kondisi off, dan SWITCH GEAR dalam kondisi DRAWOUT ( aliran jala jala sumber listrik harus benar benar terputus). Maaf hanya sekedar mengingatkan, saya yakin pembaca lebih paham akan unsur KESELAMATAN KERJA.
berikut gambar tabel MOTOR
Tahapan singkat service:
1. Amankan breaker (switch gear) dalam kondisi di keluarkan dan di beri safety TAG.
2. Grounding motor, bisa di mulai dari sisi bagian SLEEPRING
3. Lepas kan carbon brush dari holder.
4. Mulai pembersihan dari sisi lantai, dengan kain
5.Pembersihan sleepring,sebaiknya menggunakan hand blower, jangan menggunakan kain(karena serat lembut kain pasti akan tertinggal lengket,atau tersangkut pada sleep ring),atau jangan juga menggunakan compresor (karena compresor mengandung unsur air yang notabene konduktor)
6.Selanjutnya pada proses pengukuran "R" menggunakan "MEGGER"
6. Tahap selanjutnya pemasangan kembali carbon brush
7. Tahap finish,yaitu pengecekkan Main spring dari holder carboon brush(apakah carboon brush sudah rapat dan spring dengan benar atau belum).apa bila carboon brush sudah pendek ataupun seret (mengembang karena carboon brush jelek, terlalu banyak campuran tembaga yang cepat panas)
TIPS: Dalam pengecekkan final ,sebaiknya oleh 2 personil, yang mana masing masing personil saling bertukar posisi brush (personil A cek di sebelah kiri, personil B disebelah kanan brush,kemudian bertukar A di kanan,B di kiri) hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir HUMAN EROR yang sangat VATAL akibatnya bila brush ada yang tertinggal atau kurang tepat dalam pemasangan kembali. Dan hal ini bisa di masukkan dalam STANDAR PROSEDUR kerja.
Ok.demikian berbagi pengalaman dari saya. Mudah bukan untuk melakukannya, Mengapa mahal mahal untuk menggunakan,menyewa Teknisi untuk melakukan service yang sebenarnya dapat kita kerjakan sendiri. Apa lagi kita melakukanya dengan tersecedule dan rutin, pastinya dapat meminimalisir biaya perawatan bahkan meminimalisir kerusakan.Menambah live time sebuah motor.
Sekali lagi maaf.bukan bermaksud menggurui, penulis hanya berbagi pengalaman.Terima kasih
Mohon selalu di perhatikan "SAFETY FIRST"...jadi sebelum memulai service , harus di pastikan terlebih dulu motor kondisi off, dan SWITCH GEAR dalam kondisi DRAWOUT ( aliran jala jala sumber listrik harus benar benar terputus). Maaf hanya sekedar mengingatkan, saya yakin pembaca lebih paham akan unsur KESELAMATAN KERJA.
berikut gambar tabel MOTOR
Tahapan singkat service:
1. Amankan breaker (switch gear) dalam kondisi di keluarkan dan di beri safety TAG.
2. Grounding motor, bisa di mulai dari sisi bagian SLEEPRING
3. Lepas kan carbon brush dari holder.
4. Mulai pembersihan dari sisi lantai, dengan kain
5.Pembersihan sleepring,sebaiknya menggunakan hand blower, jangan menggunakan kain(karena serat lembut kain pasti akan tertinggal lengket,atau tersangkut pada sleep ring),atau jangan juga menggunakan compresor (karena compresor mengandung unsur air yang notabene konduktor)
6.Selanjutnya pada proses pengukuran "R" menggunakan "MEGGER"
7. Tahap finish,yaitu pengecekkan Main spring dari holder carboon brush(apakah carboon brush sudah rapat dan spring dengan benar atau belum).apa bila carboon brush sudah pendek ataupun seret (mengembang karena carboon brush jelek, terlalu banyak campuran tembaga yang cepat panas)
TIPS: Dalam pengecekkan final ,sebaiknya oleh 2 personil, yang mana masing masing personil saling bertukar posisi brush (personil A cek di sebelah kiri, personil B disebelah kanan brush,kemudian bertukar A di kanan,B di kiri) hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir HUMAN EROR yang sangat VATAL akibatnya bila brush ada yang tertinggal atau kurang tepat dalam pemasangan kembali. Dan hal ini bisa di masukkan dalam STANDAR PROSEDUR kerja.
Ok.demikian berbagi pengalaman dari saya. Mudah bukan untuk melakukannya, Mengapa mahal mahal untuk menggunakan,menyewa Teknisi untuk melakukan service yang sebenarnya dapat kita kerjakan sendiri. Apa lagi kita melakukanya dengan tersecedule dan rutin, pastinya dapat meminimalisir biaya perawatan bahkan meminimalisir kerusakan.Menambah live time sebuah motor.
Sekali lagi maaf.bukan bermaksud menggurui, penulis hanya berbagi pengalaman.Terima kasih
Label:
MOTOR MEDIUM VOLTAGE
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
Entri Populer
About Me

- EKO PRASETYO ADAM'S
- TUBAN, JAWATIMUR, Indonesia
- TETAP BODOH TETAP LAPAR AGAR TETAP BELAJAR
0 komentar:
Posting Komentar
silakan berikan saran dan komentar anda,terimakasih